Tuesday, April 12, 2011

4 Manfaat Membedong Bayi

Ibu-ibu jaman dulu membiasakan untuk membedong bayi yang baru lahir. Hal ini dilakukan konon bertujuan agar kaki bayi tersebut tak berbentuk huruf O ketika besar nanti. Padahal, tujuan itu tidak selamanya tepat karena kaki berleter O tidak melulu disebabkan oleh tidak dibedongnya sang anak ketika masih bayi. Lagipula, kaki bayi yang terlihat seperti melengkung ke dalam adalah hal yang wajar terjadi karena pada saat masih dalam kandungan posisi sang bayi meringkuk. Jadi, dibedong atau tidaknya bayi tidak akan berpengaruh sama sekali pada kondisi kakinya ketika besar nanti.

Namun, meskipun bedong bukanlah untuk mencegah kaki bayi agar tidak membentuk hurup O, bukan berarti tak ada manfaat sama sekali dari kebiasaan membedong ini. Di bawah ini beberapa manfaat yang bisa didapat dari kebiasaan membedong bayi.


  1. Mengatasi refleks kejut dan refleks moro
    Refleks kejut dan refleks moro adalah satu refleks tiba-tiba (menggeragap) yang biasa dialami oleh bayi yang baru lahir. Refleks ini biasanya terjadi saat bayi sedang dalam keadaan tidur lelap. Tiba-tiba saja bayi akan menggeragap dan menangais. Hal ini tentu saja akan mengganggu tidurnya. Dan salah satu untuk meredam efek ini adalah dengan membedongnya. Bayi yang tidur dalam keadaan terbedong ketika mengalami refleks kejut biasanya akan tertidur kembali karena bedong membuatnya merasa seperti asedang dipeluk.

  2. Mempermudah ketika menyusui
    Menyusui bayi yang baru lahir adakalanya memerlukan teknik-teknik tersendiri, apalagi jika ibu yang menyusui merupakan pengalaman pertama kalinya. Seringkali, karena keadaan bayi yang terus bergerak makin menyulitkan sang ibu muda untuk menyusui bayinya tersebut. Dengan membedongnya, bayi akan relativ lebih tenang dan membuat proses belajar menyusui ini lebih lancar.

  3. Untuk menenangkan bayi
    Bayi yang sedang kolik biasanya akan sangat rewel dan susah sekali untuk diam. Dengan membedongnya, membuat sang bayi lebih muda untuk dikendalikan dan ditidurkan.

  4. Mengurangi resiko terjadinya SIDS
    SIDS yang merupakan kepanjangan dari Sudden Infant Death Syndrome merupakan keadaan bayi yang meninggal mendadak akibat posisi bayi yang salah dan sebagainya saat tidur. Dengan membedongnya, bayi akan berada dalam posisi yang benar yakni tidur dalam posisi terlentang, yang pada akhirnya mengurangi resiko bayi mengalami SIDS.

No comments:

Post a Comment

Template by - Abdul Munir - 2008